Connect with us

Pemerintahan

500 Bibit Buah Ditanam di Sekitaran Ranulading Lumajang, Lestarikan Hutan Dijadikan Taman Buah

Diterbitkan

||

500 Bibit Buah Ditanam di Sekitaran Ranulading Lumajang, Lestarikan Hutan Dijadikan Taman Buah

Memontum Lumajang – Perhutani bersama Forkopimca dan Pelajar menanam bibit beraneka macam buah di Ranu Lading Desa Sumberwringin Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, Rabu (22/1/2020) pagi. Penanaman bibit buah dilakukan dalam upaya menjaga Pelestarian Alam.

Aries, selaku Asper BKPH Klakah mengatakan. Jika pohon buah yang ditanam ada 500 bibit diantaranya bibit pohon nangka, pete, alpukat, salam, dan juga durian. “Nantinya akan kita tambah, dengan menanan lagi menjadi seribu, karena luasan lahan di danau ini hingga 9 hektare,” terang Aris.

Dipilihnya Ranu Lading, kata Aris, karena Danau tersebut saat ini debit airnya sangat mengkhawatirkan. Debit air mengalami penurunan hingga 10 meter. Sehingga butuh upaya pelestarian agar mata airnya kembali normal. Jika dirawat tanaman bibit buah ini nanti diharapkan bisa juga menjadi wisata buah-buahan, edukasi. Selain melestarikan hutan, juga memberdayakan masyarakat.

“Ketika pohon tersebut sudah tumbuh besar. Buah yang dihasilkan dari pohon itu juga bisa dinikmati oleh masyarakat setempat. Mereka bisa menikmati hasilnya, tapi tak boleh memotong pohon tersebut,” pungkas Aris. (adi/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending