Connect with us

Pemerintahan

Pasien Covid-19 Lumajang Naik Jadi 44 Orang, Dinkes Berencana Lakukan Tracking

Diterbitkan

||

Pasien Covid-19 Lumajang Naik Jadi 44 Orang, Dinkes Berencana Lakukan Tracking

Memontum Lumajang – Saat ini pasien covid-19 di Kabupaten Lumajang Jawa Timur menjadi 44 pasien. Ada penambahan 4 orang dari sebelumnya. Pemkab Lumajang pada Sabtu (23/5/2020) lalu merilis jumlah pasien terkonfirmasi covid- 19 masih di angka 40.

Hal ini dibenarkan oleh dr. Bayu Wibowo Ignasius Kepala Dinas Kesehatan Lumajang. Senin (25/5/2020). 4 pasien positif covid-19 tersebut yakni DJ (45) asal Kecamatan Sumbersuko, AZ (14) asal Kecamatan Jatiroto, AB (21 bulan) berasal dari Kecamatan Tekung, dan NS (3 th) berasal dari Kecamatan Pasirian.

Dijelaskan, pihaknya berencana akan melakukan tracking kepada pasien positif Covid-19. Dimulai besok (Selasa), mereka akan melakukan tracking di tiga titik, yakni di Jatiroto, Sumbersuko, dan Pasirian. Contact tracking merupakan salah satu cara untuk mengendalikan wabah yang tengah terjadi yang dilakukan oleh petugas kesehatan.

Contact tracking dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang telah bertemu dengan penderita covid- 19, yang juga akan memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan agar virus ini tidak menyebar semakin luas.

“Iya mas, hari ini bertambah 4 orang positif Covid-19. 1 dirawat di RSUD dr Haryoto, 1 di rawat di RSUD Jatiroto, dan 2 lainnya isolasi mandiri di rumah masing-masing, Akan dilakukan tracking pada kontak dekat pasien, dengan dimulai periksa rapid test sesuai protap,” terang Bayu.

Bayu mengimbau, kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah. Bila ada keluarga yang memiliki gejala sakit disarankan untuk tidak keluar rumah. Pasien positif tersebut merupakan cluster tenaga medis dan cluster transmisi lokal.

“Tingkatkan stamina dengan menjaga pola makan yang baik dan istirahat serta olahraga yang cukup. Selalu berfikir positif. Jaga kebersihan diri dan cuci tangan dengan air mengalir dengan menggunakan sabun,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa status ODP dan PDP masih belum tentu Positif Covid-19. Tetap waspada dan bersama-sama kita cegah percepatan virus covid-19 dengan menjauhi kerumunan dan keramaian kecuali keadaan darurat.

Jika terpaksa harus keluar rumah menggunakan masker, terapkan PHBS dengan disiplin, sesampai rumah segera cuci tangan pakai sabun/mandi sebelum menyentuh apapun dan segera ganti baju yang bersih. (adi/yan)

 

Trending