Connect with us

Kabar Desa

Telur Asin Bisa Jadi Kerupuk dengan Cita Rasa Istimewa

Diterbitkan

||

Telur Asin Bisa Jadi Kerupuk dengan Cita Rasa Istimewa

Memontum Lumajang – Selain sebagai makanan pelengkap saat makan nasi ternyata ditangan seorang perajin telur asin asal Lumajang Jawa Timur. Telur asin bisa disulap menjadi cemilan kerupuk. Dodit, produsen telur asin asal Desa Jarit Kecamatan Candipuro Lumajang. Dengan kreatifitasnya mampu mengubah cara makan telur asin menjadi lebih praktis sehingga bisa dinikmati setiap hari sebagai cemilan oleh konsumennya.

Dengan semangat dan kegigihanya, Dodit mampu mengolah telur asin menjadi kerupuk dengan cita rasa berbeda dari kerupuk pada umumnya. Selain memproduksi telur asin, Dodit juga mulai memproduksi olahan dari telur asin berupa kerupuk. Dengan berbahan telur asin dan tepung terigu.

Meskipun krupuk telur asin belum memiliki pasar sebesar telur asinnya, Dodit yakin dengan mengolah telur asin dalam bentuk yang lain mampu meningkatkan nilai ekonomi telur asin itu sendiri. Saat dikonfirmasi awak media di rumah produksinya, Sabtu (26/7/2020) pagi. Dodit yang merupakan produsen telur asin asal Desa Jarit Kecamatan Candipuro tersebut mengatakan, hampir setiap minggu mengirim telur asinnya untuk pasar di Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Gresik hingga Madura.

“Sebelumnya, saya hanya mampu memproduksi telur asin untuk pasar di Lumajang saja. Namun, sejak tahun 2015 lalu, saya mulai memberanikan diri untuk bersaing dengan para produsen telur asin yang ada di Kota Surabaya dan sekitarnya,” kata Dodit.

Setiap minggu, Dodit yang dibantu oleh 12 orang karyawannya mampu memproduksi telur asin hingga 23.000 butir untuk bisa dikirim ke pasar-pasar di Surabaya. Untuk bahan baku telur bebek, dirinya mengaku harus mendatangkan telur dari Blitar, Banyuwangi dan sebagian juga dari telur bebek lokal Lumajang.

Menurutnya, keterbatasan bahan baku sering menjadi kendala dalam produksinya, terkadang Dodit tidak bisa menerima pesanan karena ketersediaan bahan baku yang terbatas. Dan, para peternak bebek di Kabupaten Lumajang juga belum bisa menjadi penyuplai tetap bahan baku untuk telur asin kepada Dodit.

Telur Asin sendiri merupakan makanan olahan dari telur bebek tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat khususnya di Kabupaten Lumajang.

Banyak masyarakat yang suka dengan makanan tersebut, karena selain rasanya yang gurih, telur asin juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama untuk kemudian dikonsumsi. Namun untuk kerupuk telor asin, mungkin sebuah citarasa yang berbeda. Anda perlu mencobanya. (adi/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending