Pemerintahan

Pemerintah Akan ‘Cat Rumah’ Warga Miskin Penerima PKH

Diterbitkan

-

Pemerintah Akan 'Cat Rumah' Warga Miskin Penerima PKH

Memontum Lumajang – Rumah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Lumajang akan dilabeli dengan tulisan Keluarga Miskin, Label itu akan ditulis di tembok depan rumah menggunakan cat semprot. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial Lumajang Dewi Susiyanti, pada awak media, Selasa (10/12/2019). Pihaknya sudah menyiapkan anggaran untuk program labelisasi tersebut dan akan segera direalisasikan.

Sebenarnya, PKH dimaksudkan untuk membantu keluarga sangat miskin, mari kita bersama mendukung PKH untuk Indonesia yang lebih baik. Sehingga generasi berikutnya diharapkan menjadi generasi yang lebih sehat, berpendidikan, dan terlepas dari kemiskinan. “Bapak Bupati akan ikut turun tangan, melakukan pelabelan di rumah warga penerima PKH. Sekaligus sebagai penanda program labelisasi secara serentak,” ungkapnya.

Dijelaskan, kenapa program labelisasi ini dilaksanakan, menurutnya sudah ada himbauan dari pusat. Diantaranya agar memastikan penerima PKH adalah benar-benar dari keluarga miskin. “Kalau keluarga itu sudah merasa mampu tentu tidak ingin dilabeli, karena selama ini, rumah mereka hanya ditandai dengan stiker kecil. Sedangkan kali ini akan diberi label besar,” jelas Dewi.

Dengan begitu kata Dia, jika ada warga mampu yang menerima bantuan PKH akan terlihat. Sehingga warga di sekitarnya juga akan mengetahui hal itu, masyarakat sekitar bisa menilai, misal, kaya kok dapat bantuan,” ujarnya.

Advertisement

Harapannya dengan program ini akan lebih banyak lagi warga yang sudah mampu untuk mengundurkan diri. “Supaya warga yang mampu merasa malu sehingga mengundurkan diri dan program pkh betul-betul bisa tepat sasaran,” tukasnya.

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersayarat oleh pemerintah kepada masyarakat dengan kondisi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pemerintah diharapkan betul-betul memberikan pengawasan yang lebih intensif agar penyaluran bantuan PKH Kemensos ini benar-benar diberikan kepada masyarakat RTSM yang membutuhkan. (adi/yan)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas