Berita

Yonif 527/BY Lumajang bersama PBB Damaikan Republik Demokratik Kongo

Diterbitkan

-

Yonif 527BY Lumajang bersama PBB Damaikan Republik Demokratik Kongo

Memontum Lumajang – 308 personil Yonif 527/BY yang dipimpin Komandan Batalyon Letkol Inf Totok Priyo Kismanto, SE. Kamis (12/12/2019) sore. Tiba di Mako Yonif 527/BY Lumajang. Para Personil yang tergabung dalam satuan tugas (Satgas) gerak cepat Yonkomposit TNI Konga XXXIX – A Mission de l’Organisation des Nations unies pour La stabilisation en République démocratique du Congo (MONUSCO) TA 2018 bertugas membantu menciptakan dan memelihara perdamaian di dunia dibawah bendera PBB.

Danyon Totok Priyo Kismanto, mengatakan,, awal Desember tahun 2017 ia bersama pasukannya berangkat dari Lumajang menuju Bogor guna dipersiapkan untuk penugasan ke Kongo.

“Kurang lebih satu tahun kita dipersiapkan di bogor, kami berangkat sebanyak 308 orang untuk melakukan persiapan-persiapan dan latihan. Di siapkan disana untuk penugasan ke Manusco di daerah Republik Demokratik Kongo. Tugas yang kami emban disana melakukan mandat dari UN yaitu memberikan perlindungan pada warga sipil akibat konflik yang berkepanjangan,” terangnya.

“Alhamdulillah kita bisa melakukan tugas dengan baik, utamanya anggota pulang dengan keadaan selamat itu utamanya, prestasi yang kami capai disana mendapatkan penghargaan dari PBB,” Imbuhnya.

Advertisement

Hal menarik yang menjadi catatan dari pasukan TNI yang ditugaskan ini adalah keberhasilanya dalam membujuk serta memberikan pemahaman kepada masyarakat konggo untuk bersatu dengan pemerintahnya tanpa ada pertumpahan darah. Namun dengan pendekatan budaya.

“Kami berhasil membujuk para pembangkang untuk menyerah kepada negara, kurang lebih sebanyak seribu seratus orang serta keluarganya menyerah, mereka secara sukarela menyerahkan senjata baik senjata organik maupun senjata tradisional yang berupa busur dan panah tanpa ada pertumpahan darah, kita melakukan pendekatan kepada masyarakat, pendekatan dengan budaya mengajak mereka bergabung dengan pemerintah,” pungkasnya.

Republik Demokratik Kongo, (sebelumnya bernama Zaire antara tahun 1971 dan 1997), adalah sebuah Negara di Afrika bagian Tengah. Negara ini berbatasan dengan Republik Afrika Tengah dan Sudan Selatan di sebelah utara; Uganda, Rwanda, Burundi, dan Tanzania di timur; Zambia dan Angola di selatan; dan Republik Kongo di Barat. (adi/yan)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas