SEKITAR KITA

Warga Jugosari Demo Penambangan Pasir

Diterbitkan

-

Puluhan warga Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro unjuk rasa minta Penambangan pasir yang diduga ilegal di tepi aliran Sungai Leprak dihentikan.
Puluhan warga Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro unjuk rasa minta Penambangan pasir yang diduga ilegal di tepi aliran Sungai Leprak dihentikan.

Minta Penambangan dengan Mesin Sedot Dihentikan

Memontum Lumajang – Penambangan pasir yang diduga ilegal di tepi aliran Sungai Leprak, Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, menjadi sasaran aksi unjuk rasa oleh puluhan warga setempat.

Aktifitas penambangan yang menggunakan mesin pompa tersebut, di khawatirkan berpotensi merusak lingkungan dan merusak jalan.

“Tuntutan warga agar tambang pasir dihentikan. Karena bisa merusak lingkungan dan juga berdekatan dengan pemukiman,” kata salah seorang warga, Laila.

Kapolsek Candipuro, Iptu Sajito, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa unjuk rasa dilakukan terkait aktifitas penambangan. Warga meminta penambangan yang berpotensi merusak jalan desa dan lingkungan, dihentikan. Sementara penambangan yang dianggap tidak merusak, tidak dipermasalahkan.

Advertisement

“Mereka pernah membuat kesepakatan, bahwa warga pemilik mesin pompa, untuk kegiatan penambangannya dibatasi sampai dengan 200 meter dari jalan Dusun Sumberlangsep.  Akan tetapi, nyatanya kegiatan masih terus berlangsung hingga mendekati jalan Dusun Sumberlangsep,” kata Sajito.

Menyikapi kondisi itu, pihaknya menghimbau untuk dilakukan musyawarah guna mencari solusi terkait kegiatan penambangan. Karena jika diteruskan, akan mengakibatkan kerusakan jalan di Sumberlangsep.

“Akhirnya Atmo selaku salah satu pemilik mesin pompa, bersedia untuk memindahkan mesin pompa dan tidak lagi melakukan kegiatan penambangan dilokasi yang di persoalkan warga,” ujarnya.

Kasubbag Satpol PP Lumajang, Adi Hendra, menyampaikan penekanan pada salah satu pemilik mesin pompa, yang pada intinya untuk segera memindahkan mesin pompa penyedot pasir.

Advertisement

“Pemilik pompa bersedia untuk memindahkan alat mesin pompa,” ungkapnya. (adi/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas