SEKITAR KITA

Dinsos Lumajang Buka Posko Pengungsi dan Dapur Umum

Diterbitkan

-

Dinsos Lumajang Buka Posko Pengungsi dan Dapur Umum

Suplai kebutuhan warga dan relawan selama erupsi Gunung Semeru

Memontum Lumajang – Untuk memenuhi kebutuhan logistik paska erupsi Gunung Semeru, Dinas Sosial Kabupaten Lumajang bersama BPBD Kabupaten Lumajang, telah menyiapkan dapur umum di depan Balai Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Ninis Legiwinarsih, mengatakan jika pihaknya selain menerjunkan tim Tagana, juga sudah membuat dapur umum untuk kebutuhan makan. Setiap hari, dapur umum akan menyediakan kurang lebih 300 bungkus makanan untuk kebutuhan sekali makan warga.

“Selain makanan, kami juga membagikan masker untuk pengungsi dan relawan. Warga yang di sini, itu dari Dusun Kebonan dan Dusun Gumukmas,” katanya, Rabu (2/12) tadi.

Dijelaskan Ninis, Tim dapur umum sudah membawa persediaan bahan makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selama beberapa hari ke depan. Tinggal nantinya, melihat perkembangan di lapangan.

Advertisement

“Nanti melihat perkembangan, jika masih kurang, maka nanti akan kita tambah lagi bantuan logistik. Saat ini, persediaan masih cukup. Kita juga terus koordinasi dengan BPBD,” paparnya.

Selain memenuhi kebutuhan makan para pengungsi, Tim Tagana juga melakukan pembinaan psikososial kepada anak-anak yang berada posko pengungsian. Caranya, dengan mengajak anak-anak bermain dan tebak-tebakan untuk menghilangkan ketakutan.

Saat ini, tambahnya, posko pengungsian terbagi di dua lokasi. Yakni, di Balai Desa Supiturang dan Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur. Untuk kebutuhan makan pengungsi di Gunung Sawur, ditangani Dapur Umum PMI Kabupaten Lumajang. (kom/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas