Lumajang

SAR Identifikasi Sembilan Orang Meninggal dan 92 Terevakuasi Selamat dalam Musibah Awan Panas Semeru

Diterbitkan

-

SAR Identifikasi Sembilan Orang Meninggal dan 92 Terevakuasi Selamat dalam Musibah Awan Panas Semeru

Memontum Lumajang – Upaya pencarian, penyelamatan serta evakuasi terus dilakukan tim gabungan dalam musibah awan panas guguran (APG) Gunung Semeru. Hingga hari ini atau Minggu (05/12/2021) pagi, teridentifikasi sebanyak sembilan orang ditemukan meninggal dan 92 orang lainnya, berhasil dievakuasi dalam kondisi luka-luka.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna, menjelaskan upaya pencarian terus dikonsentrasikan di lokasi pemukiman yang terdampak abu awan guguran.

“Pencarian di lokasi yang tertimbun. Dari kemarin (Sabtu, red) sampai sekarang (Minggu, red), ditemukan sembilan orang meninggal dunia dan 92 berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat. Meski pun, mereka luka-luka, baik ringan atau berat,” kata I Wayan, Minggu (05/12/2021).

Sejumlah korban tersebut, terangnya, dievakuasi dari dua lokasi berbeda. Yakni di lokasi Supiturang (Desa, red), Kecamatan Pronojiwo dan Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Advertisement

“Sementara dari Supiturang dan Kajang atau lokasi tertimbun,” terangnya.

Ditambahkannya, Tim SAR gabungan juga mengerahkan 3 SRU (Search and Rescue Unit). Salah satunya, untuk mencari Poniyem (50), pada Minggu (05/12/2021). Poniyem merupakan warga Rt05 Rw07, Desa Supiturang, yang dilaporkan hilang paska bencana Gunung Semeru.

Baca juga

“Usai apel yang dipimpin Bupati Lumajang, tim langsung bergerak. SRU 1 melaksanakan pencarian di Desa Kajar Kuning dan Dusun Curahkobokan, Desa Supiturang. SRU 2 dan SRU 3 melaksanakan pencarian di area Kebondeli,” tambahnya.

Wayan menambahkan, sebanyak 1 SRU juga disiagakan di posko induk, yang nantinya dapat dikerahkan sewaktu-waktu jika diperlukan.

Advertisement

 Adapun pihak-pihak yang ikut terlibat dalam upaya pencarian korban ini, diantaranya tim Kantor SAR Surabaya, KODIM 0821 Lumajang, Polres Lumajang, BPBD provinsi Jawa Timur, BPBD kabupaten Lumajang, Satpol PP, Dishub, Potensi SAR Jember dan Lumajang, RAPI dan sejumlah organisasi potensi SAR lainnya.

“Dalam proses pencarian ini, para personel tim SAR gabungan dilengkapi dengan sejumlah APD (Alat Pelindung Diri). Diantaranya kacamata safety, masker, sepatu safety dan lain-lain.

 (hms/adi/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas