Lumajang

Pembahasan RAPBD 2024 Belum Rampung, Pj Bupati Lumajang Pastikan November Selesai

Diterbitkan

-

Memontum Lumajang – Proses penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Daerah (RAPBD) Kabupaten Lumajang 2024, masih belum rampung. Hingga sekarang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih melakukan pembahasan bersama Tim Badan Anggaran DPRD Kabupaten Lumajang dan ditargetkan akan rampung pada akhir November 2023 ini.

Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, mengatakan babwa RAPBD Tahun 2024, akan menyesuaikan dengan arah kebijakan fiskal dan program prioritas nasional serta program dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Jadi, program kita harus tetap selaras dengan program pasional dan provinsi,” katanya, Kamis (02/11/2023) tadi.

Lebih lanjut Pj Bupati Indah Wahyuni menjelaskan, untuk penyusunan RAPBD, tidak akan berpengaruh pada program pemerintah daerah yang telah ditetapkan. Hanya saja, akan ada penyesuian program dan besaran anggaran yang dialokasikan.

Baca juga :

Advertisement

“Nantinya dalam penyusunan APBD, kita akan menggunakan skala prioritas dan tidak ada yang dihilangkan. Namun, besarannya kita sesuaikan dan kita lakukan evaluasi progam yang sudah berjalan. Mana yang masih kurang dan nanti kita sesuaikan,” imbuhnya.

Jika berpedoman pada program prioritas nasional, paparnya, APBD Kabupaten Lumajang Tahun 2024 mendatang akan fokus pada program pengentasan kemiskinan, kemiskinan ekstrim, penurunan stunting dan menjaga laju inflasi agar tetap terkendali. Untuk kapan ditetapkannya RAPBD TA 2024, itu masih dilakukan pembahasan bersama Tim Banggar DPRD Kabupaten Lumajang. Namun, pihaknya menargetkan rampung di November 2023 ini.

“Ini masih proses. Masih on the track dan semuanya masih berjalan baik. Kalau dari penjelasan Pak Sekwan, insyaallah minggu depan kita lanjutkan pembahasannya,” papar Indah Wahyuni. (kom/adi/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas