Pemerintahan

Bunda Indah Dorong PTPN XII Jadi Destinasi Wisata Legenda

Diterbitkan

-

Bunda Indah Dorong PTPN XII Jadi Destinasi Wisata Legenda

Memontum Lumajang – Pemkab Lumajang terus berupaya dalam pengembangan potensi wisata yang ada di Kabupaten Lumajang, hal itu terlihat dari kunjungan Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., ke PTPN XII Kertowono Kecamatan Gucialit, Lumajang, Rabu (23/10/2019) siang.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Lumajang akan melakukan kerjasama dengan PTPN XII Kertowono untuk perkembangan pariwisata dan ketahanan pangan.

Disamping itu, Bunda Indah, berkeinginan nantinya PTPN XII dapat dijadikan destinasi wisata legenda, dengan memunculkan nostalgia bahwa Lumajang pada jaman Belanda dulu hingga saat ini mempunyai sebuah perkebunan teh yang cukup terkenal di Indonesia bahkan dunia.

Menurutnya, PTPN XII mempunyai potensi wisata edukasi, dengan harapan dapat mengangkat Lumajang sebagai penghasil teh yang mempunyai kualitas mutu tinggi.

Advertisement

“Kertowono ini punya satu jenis teh yang luar biasa namanya White Tea yang manfaatnya cukup banyak buat kesehatan. Teh ini menjadi unggulan karena kualitas ekspor, dan tidak banyak masyarakat yang tau bahwa di Lumajang memproduksi teh tersebut,” ungkap Bunda Indah.

Sementara itu, Direktur Operasional PTPN XII Kertowono, Anis Febrianto, menyampaikan bahwa PTPN XII Kertowono adalah salah satu pabrik teh terbaik di Indonesia dengan tingkat mutu teh yang paling bagus. Untuk itu, pengembang potensi wisata dengan mengangkat Kertowono menjadi destinasi wisata baru sangat tepat. Harapannya kedepan wisata edukasi ini dapat membawa dampak yang baik buat perekonomian masyarakat Lumajang.

“Kenapa pengembangan proses wisata edukasi ini harus ada, karena masyarakat Lumajang harus mengetahui bahwa kemungkinan pabrik teh yang memproduksi white tea di Jawa Timur hanya di Kertowono saja, bahkan di Indonesia hanya beberapa pabrik yang memproduksi, dan ini salah satu yang menjadi keunggulan pabrik teh Kertowono,” ujarnya. (adi/yan)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas