Lumajang

Tinjau Pos Pantau Lahar Dingin Semeru, Pj Bupati Lumajang Bakal Optimalkan EWS

Diterbitkan

-

Memontum Lumajang – Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, meninjau pos pantau lahar dingin Semeru yang berada di Dusun Curah Kobokan, Desa Sumberwuluh, Jumat (20/10/2023) pagi. Dalam kesempatan itu turut disampaikan, bahwa letak geografis Kabupaten Lumajang yang dikelilingi perbukitan dan keberadaan tiga gunung yakni Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan, membuat beberapa wilayah rawan terjadi bencana alam.

“Keadaan geografis di Lumajang dikelilingi oleh tiga gunung, yakni gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan. Sehingga, kita harus bisa berdamai dengan bencana,” kata Pj Bupati Lumajang yang akrab disapa Bunda Yuyun.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa antisipasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang, salah satunya dengan melakukan mitigasi resiko terjadinya bencana. Yakni, dengan mempunyai sistem peringatan dini atau early warning system (EWS) dalam kebencanaan di pos pantau.

Baca juga :

Advertisement

“Kita sudah melakukan antisipasi penanggulan di beberapa titik untuk bisa melakukan mitigasi. EWS setelah saya tadi melihat masih bisa optimal kerjanya. Jadi, ini yang kita lakukan untuk bisa melihat situasi dan kondisi yang ada,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan Bunda Yuyun, bahwa pihaknya akan terus melakukan edukasi ke masyarakat melalui simulasi. Terutama, untuk masyarakat yang paling dekat dengan aliran lahar Gunung Semeru.

“Kita tidak mengharapkan adanya bencana. Tetapi, apabila bencana terjadi, masyarakat sudah paham apa yang harus dilakukan. Dan, instansi terkait telah bersiap siaga menangani bencana,” harapnya. (kom/adi/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas